Pengikut

Sabtu, 31 Desember 2011

Kiat Lulus UKDI



Kiat-kiat lulus UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia) semoga bisa membantu rekan sejawat lulus UKDI
1. Persiapan UKDI minimal 1bulan.
2. Sebelum persiapan UKDI, minimalkan masalah/beban pikiran anda
3. BIKIN KELOMPOK!!! (fungsinya penting banget, bikin kelompok maksimal 6 orang, tujuannya biar FOKUS dan kelompok membuat mental kita OPTIMIS "Obat anti Galau") dan Pelajari "KHAS" dari tiap2 soal. Contoh: Penyakit mata terdapat coublestone jawabannya: konjungtivitis vernal.
4. IKUTIN BIMBEL baik dikampus atau diluar kampus (suka-suka asal BIMBELnya Bermutu!!!)
5. Pererat Persaudaraan antar TS dgn kampus lain, tuker-tukeran bahan BIMBEL dan Info UKDI.
6. Jangan Pelit tentang ilmu yg didapat (jadi kalo kita setelah membahas latihan soal, cobalah berbagi, InsyaALLAH yang kita pelajarin berkah)
7. Mintalah doa kepeda ORTu dan Meminta MAAF jika kita punya salah kepada oranglain. Berdoalah dgn sungguh-sungguh!!

Persiapan 1 bulan
Minggu I : Jangan terlalu gencar baca soal2 DITAKUTKAN nanti cepet bosan. karena kelulusan anda diperoleh jika anda ISTIQOMAH membahas soal2 UKDI (Manjadda Wajadda),minggu awal anda cari Standar Kompetensi dan pelajari kategori 4. Ikuti TryOut UKDI tanpa sbelumnya belajar SOAL2 UKDI (salahkan 20 Soal yg kita yakin bener) tujuannya nilai TO jangan terlalu besar buat MOTIVASI DIRI!! Tujuan TO juga sebagai perkenalan cara menjawab TO dgn komputer, supaya pas UKDI sesungguhnya sudah tidak bingung.

Minggu II : Bahas soal2 UKDI dgn refensi ke UI (kapita selekta dll),pelajari soal IKM dan Etika Kedokteran. Targetkan tiap hari "membahas" 25 soal bersama kelompok anda. meski kita ikut BIMBEL didalam atau diluar kampus, Kelompok belajar kecil (6 orang) harus eksis dan punya visi dan misi yg sama lulus bersama-sama.

Minggu III : Mantapkan membahas soal2 UKDI dgn menjelaskan ke temen2 yg lain. bahas soal-soal UKDI mulai dari definisi sampai penatalaksanaan (jika itu kategori 4 --> Standar Kompetensi Dokter Indonesia).Saling mengingatkan jika ada TS yg kurang semangattt!!

Minggu IV :Mantapkan Mental Anda dgn BERDOA (OPTIMIS.....) dan Menjawab Soal2, mengulang. BIAR tidak LUPA!!!
L = LATIHAN
U = ULANG
P = PERHATIKAN KHASnya
A = ASOSIASI dan AMALKAN meski hanya 1 soal

H-1 Menjelang UKDI diusahakan istirahatkan otak dgn brdoa dan memantapkan MENTAL supaya tidak ngeBLANK..Jangan Panik!!!

Sebenarnya tidak ada kiat khusus untuk lulus, hanya dgn GIAT dan Rajin Berdoa, InsyaALLAH kita LULUS UKDI..

JANGAN HANYA MENGHAFAL SOAL2 UKDI SEBELUMNYA TETAPI MEMPELAJARINYA!!! Ga ada ruginya mempelajarinya karena merupakan Kompetensi kita..

JANGAN BERHARAP SOAL-SOAL UKDI AKAN BERULANG!!!! Sangat kecil sekali presentasinya (10%), bukan maksud menakut-nakuti tetapi keadaan sebenarnta seperti itu, maka pelajarilah dgn baik dan berkelompok supaya tdk berat.

Maap sekali, Tidak ada Maksud untuk menggurui...hanya ingin membantu dan supaya TS lebih FOKUS dan MANTAP Persiapannya...Kalau Saya bisa, Anda juga Bisa....I Believe U Can...Semoga Bermanfaat!!OPTIMIS....salam sukses

4 komentar:

  1. Terima kasih sekali,,membuat saya semakin optimis lulus UKDI nanti,,,semangaaaaaat :D

    BalasHapus
  2. Mantaap..emang betul harus belajar kelompok, kalo sendiri suka ga semangat, cuma sayang kalo ga ada yang membimbing ujung-ujungnya malah arisan n kongkow hehe...enaknya belajar sambil liburan ke bandung, cobain deh search aja bimbel kaya MEDINA ukdi, belajar di hotel ketemu temen2 dari fk seluruh Indonesia (awas pas bimbel nemu kecengan malah bikin ga konsen belajar tar hehe)

    BalasHapus

Powered By Blogger